Siapakah yang tidak menyukai kebersihan, seperti semua orang akan menyatakan bahwa mereka sangat menyukai yang namanya kebersihan.  Namun tidak semua orang mampu menerapkan gaya hidup bersih... Hmmm  apakah anda setuju? Dan sepertinya ini sangat masuk akal karena berdasarkan pengamatan dan penelitian dalam sebuah survei penghargaan seperti Adipura (tingkat Indonesia), dan Clean Land, Clean Water & Clean Air (tingka Asean)  hanya ada 5 kota besar di Indonesia yang berpredikat bersih. Kota mana sajakah itu?

Berikut ini adalah kota-kota besar di Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan dan masuk dalam kategori Kota terbersih : 

Kota Surabaya
Kota Terbersih di Indonesia

Surabaya memiliki luas sekitar 333,063 km² dengan penduduknya berjumlah 2.909.257 jiwa (2015). Surabaya adalah ibu kota jawa timur dan merupakan kota terbesar dan paling maju kedua setelah jakarta. nmun berbeda dengan jakarta yang selalu macet dan penuh dengan sampah. surabaya sangat asri dan lestari dari segi lingkungan. di surabaya terdapat banyak sekali taman taman kota yang indah dan terawat dengan baik. sampah tidak terlihat berserakan di jalan dan berbagai tanaman ditanam di sepanjang jalan. ditunjang dengan sistem pengelolaan sampah yang baik menjadi kunci utamanya. tak heran jika surabaya kembali dinobatkan sebagai kota terbersih di seluruh indonesia dan mendapat piala adipura untuk kesekian kalinya.

 Palembang

Kota Terbersih di Indonesia

Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota Palembang memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1,7 juta orang dengan kepadatan penduduk 4.800 per km². palembang dikenal denga kebersihan kotanya dan pemandangannya yang menyejukkan mata. kota ini dinilai berhasil memanfaatkan sungai musi sebagai aset untuk mempercantik kota dan menjadi daya tarik wisatawan.

Kota Tangerang

Kota Terbersih di Indonesia

Tangerang adalah sebuah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Tangerang yang masuk dalam wilayah jabodetabek berbeda sekali dengan jakarta yang sibuk dan padat. Kota Tangerang lebih tenang dan merupakan kota yang layak sebagai pilihan tempat tinggal. apalagi lingkungannya sangat mendukung. kebersihan tanggerang tidak diragukan lagi. baik jalan dan taman tamannya terawat dengan baik.
 Semarang

Kota Terbersih di Indonesia

Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia. perkembangan ekonominya sangat pesat dan ditandai dengan munculnya gedung gedung pencakar langit beberapa tahun terakhir ini. ditambah dengan lingkungannya yang selalu terawat dengan baik menjadikannya pantas dianggap sebagai salah satu kota paling bersih saat ini.


Itulah Lima Kota Besar Paling Bersih di Indonesia, selamat buat yang berada di kota-kota diatas.