Sebelum saya menuliskan tentang beberapa keuntungan yang dapat diperoleh jika anda memiliki toko online, terlebih dahulu saya ingin menjelaskan tentang apa saja bedanya antara Toko Offline dan Toko Online.

TOKO OFFLINE :

       1. Biaya yang dikeluarkan relatif mahal bisa sampai puluhan atau ratusan juta untuk satu toko
       2. Memerlukan tempat khusus untuk mendirikannya
       3. Memerlukan karyawan yang tidak sedikit dalam mengelolahnya
       4. Biaya operasional sangat besar seperti listrik, gaji karyawan, telepon dan lain-lain

TOKO ONLINE :

       1. Biaya yang dikeluarkan sangat murah bahkan kurang dari sejuta, Anda sudah bisa memiliki toko online yang menarik
       2. Bisa dilakukan dari meja komputer rumah Anda (tanpa perlu tempat atau kantor khusus)
       3. Cukup dengan satu atau dua orang sudah bisa mengelolah toko online
       4. Biaya operasional hanya internet dan listrik

Dilihat dari perbandingan diatas maka toko online bisa dijadikan alternatif usaha yang menguntungkan buat Anda.

Dengan modal relatif murah bahkan tidak sampai 1 juta rupiah, Anda sudah bisa memiliki toko online dan mulai berjualan ke seluruh pangsa pasar Indonesia maupun dunia.


Kemudian apa saja keuntungan jika memiliki Toko Online ?

Hampir semua peritel besar di dunia seperti Wallmart, Sears, Macy’s, JC Penney, Ikea, Target, Home Depo dan Best Buy sudah mengalihkan penjualannya ke Toko Online. Mereka percaya dan yakin bahwa di masa datang akan semakin banyak pelanggan berbelanja online karena Toko Online memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan toko konvensional.

    * Nyaman.

Toko online beroperasi selama 24 jam/7 hari seminggu. Dengan semakin mudahnya akses internet setiap saat, belanja online dapat dilakukan dengan lebih nyaman baik di rumah maupun di kantor. Bandingkan dengan belanja konvensional dimana pelanggan harus berpergian dari satu tempat ke tempat lain menembus kemacetan untuk dapat sampai ke toko yang dituju serta berpacu melawan waktu agar tiba tepat sebelum toko tersebut tutup.

    * Informasi Melimpah.

Di toko online informasi mengenai produk dapat dilihat dengan sangat rinci seperti spesifikasi produk, pilihan warna dan bentuk serta keunggulannya tanpa ada batasan besar atau kecilnya Price Tag atau POP. Informasi rinci tersebut sangat membantu pelanggan dalam membuat keputusan atas barang yang akan dibeli.

    * Loyalitas Pelanggan.

Toko online dapat dengan mudah mendapatkan informasi pelanggannya seperti nama, nomor telpon, alamat ataupun informasi lain yang diinginkan. Hal itu sangat sulit untuk didapatkan di toko konvensional. Dengan informasi tersebut akan semakin mudah untuk mengetahui pola dan kebiasaan berbelanja mereka, sehingga dengan mudah dibuatkan program loyalitas pelanggan.

    * Biaya Operasi Rendah.

Toko online tidak memerlukan karyawan untuk membersihkan toko, mengatur display barang, menyapa pelanggan serta menawarkan barang kepada pelanggan. Toko Online tidak perlu membayar biaya listrik, service charge dan biaya lain-lain sehubungan dengan operasional toko sehari-hari.

    * Biaya Sewa Rendah.

Toko online tidak perlu membayar biasa sewa ruangan seperti di mall, tidak juga memerlukan ruangan yang luas untuk mendisplay banyak produk. Hanya dibutuhkan foto atau gambar, tulisan dan file multimedia untuk bisa menawarkan ratusan hingga ribuan produk.

    * Lebih Banyak Pelanggan.

Di toko konvensional sedikit atau banyaknya pelanggan ditentukan oleh banyaknya toko yang tersebar di berbagai lokasi. Semakin banyak toko maka semakin banyak kemungkinan mendapatkan pelanggan. Hanya dengan satu Toko Online Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai berbagai pelosok, melintasi batas kota, propinsi, pulau, bahkan lintas negara tanpa batasan waktu siang dan malam.

    * Branding.

Toko online dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan lebih efektif. Saat ini media online sudah menjadi salah satu media iklan yang semakin menarik karena mampu ber-interaksi langsung dengan pelanggan, murah dan luas jangkauannya. Semakin banyak perusahaan mulai mengalihkan dana iklannya ke media iklan online.