kata kunci adalah magnet yang akan menariknya. Artinya, konten situs kamu harus lebih menarik dan punya medan magnet yang kuat dibandingkan konten lain yang sejenis.

Oya sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, saya menyarankan untuk terlebih dahulu membaca artikel lainnya tentang jenis jenis keyword yang ada dalam dunia SEO.

Jika kamu ingin serius terjun ke dunia blogger, internet marketing dan menjadi seorang pebisnis online, saya merekomendasikan untuk membaca artikel tersebut. Dengan begitu, keyword yang dipilih nantinya dapat menjadi medan magnet yang kuat dan tepat sasaran.

Selanjutnya ketika telah mengetahuinya, untuk mengetahui tingkat persaingan keyword di mesin penelusuran berdasarkan katagori mudah, cukup mudah dan sulit, maka kamu dapat menggunakan beberapa tools SEO berikut ini:

10 Tools riset kata kunci gratis dan berbayar

1. Google keyword planner

Google keyword planner

Google Keyword Planner adalah tempat terbaik untuk memulai riset kata kunci. Dahulunya sebelum tahun 2018, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Namun setelahnya, aplikasi ini hanya dapat dinikmati setelah kita mengiklankan situs kita pada program adwords dengan ketentuan telah menggunakan saldo iklan di atas $1.

Dengan Google keyword planner ini, kita dapat melakukan banyak hal. Diantaranya:

  • Mencari trends untuk kata kunci yang anda targetkan
  • Mendapatkan volume pencarian untuk kata kunci yang anda cari
  • Memasukkan kata kunci berlapis untuk mendapatkan ide kombinasi kata kunci
  • Melihat seberapa berat persaingan untuk kata kunci yang anda inginkan

Untuk menggunakannya, kita harus login masuk ke Google Keyword Planner.

Hati hati untuk yang pertama menggunakan tools riset keyword dari Google ini. Karena pada dasarnya google keyword planner dirancang hanya untuk keperluan adwords atau pengiklan saja. Jadi pilihlah keyword yang tepat.

2. UberSuggest

UberSuggest

Salah satu aplikasi riset keyword yang mudah digunakan dan direkomendasikan oleh banyak blogger adalah UberSuggest. Tools ini dapat dinikmati secara gratis. Saya sendiri sering menggunakannya untuk mencari long tail keyword dan keyword turunan.

Di UberSuggest dilengkapi banyak fitur, diantaranya:

  • Berapa volume pencarian untuk kata kunci anda
  • Kata kunci relevan dan direkomendasikan
  • Tingkat pesaingan kata kunci
  • Cost per klick

Selain itu, ubbersugest kini sudah dilengkapi dengan fitur keyword idea, SEO analisis dan SEO backlink untuk mengetahui backlink dalam situs tertentu.

Cara menggunakannya pun sangat simpel dan mudah. Sangat cocok untuk anda yang merasa masih pemula:

  • Masuk ke laman UberSuggest
  • Pada kolom Enter keyword, masukkan kata kunci yang ingin anda riset. Jangan lupa pilih negara targeting, kemudian klik Search
  • Kamu dapat langsung mengetahui kata kunci yang anda inginkan dan yang relevan, volume pencariannya setiap bulan, dan seberapa tinggi persaingannya. Kamu mengurutkan data sesuai keinginan

3. KeywordTool

KeywordTool

KeywordTool.io berfungsi untuk mencari kata kunci turunan dari kata kunci utama. Aplikasi ini akan membantu kamu menemukan banyak alternatif kata kunci berdasarkan Google Suggest. Saya juga sering menggunakan keyword ini untuk mencari keyword turunan atau long tail keyword.

Cara menggunakan kwywordtool.io nya juga sangat mudah. Cukup masukkan kata kunci yang ingin anda cari di kolom pencarian. Tools SEO yang satu ini dapat kamu nikmati secara gratis, hanya saja fiturnya terbatas. Beberapa fiturnya antara lain:

  • Menemukan short tail keyword dan long tail keyword
  • Menyajikan data search volume, CPC, competition dan sebagainya

Sedangkan untuk versi premium, cukup membayar $69 kamu dapat menikmati beragam fitur menarik dari tools riset kata kunci tersebut.

4. KWFinder

KWFinder

KWFinder masuk salah satu alat riset keyword dengan jenis long tail keyword. Tools SEO ini memiliki tampilan yang menarik dan informatif ketika digunakan. Di KWFinder, kamu dapat memilih 3 tipe keyword:

  1. Suggestions (yang disugestikan/ direkomendasikan)
  2. Autocomplete (Melengkapi secara otomatis), dan
  3. Questions (Pertanyaan)

Ketika kita mengklik Find, maka kita akan diarahkan ke halaman informasi yang terbagi menjadi dua bagian.

Di bagian kiri, kamu dapat menemukan informasi berupa:

  • Trend pencarian
  • Total pencarian 12 bulan terakhir
  • Tingkat persaingan

Dan ketika kamu mengklik di salah satu kata kunci, maka di bagian sebelah kanan akan menampilkan data data berikut:

  • Tingkat kesulitan SEO
  • Jumlah pencarian setiap bulan
  • Website mana saja yang menggunakan kata kunci tersebut
  • Backlink
  • Jumlah share ke media sosial
  • Jumlah rata-rata pengunjung setiap bulan, dan
  • Tingkat kesulitan SEO dari web terkait

Namun sayangnya, Kwfinder hanya dapat dinikmati secara berbayar. Namun, kita masih memiliki kesempatan gratis untuk menggunakannya dengan cara registrasi terlebih dahulu dan kamu akan mendapatkan masa trial dalam waktu beberapa hari saja.

5. TermExplorer

TermExplorer

Fungsi dasar dari aplikasi TermExplorer yaitu mencari keyword dan melakukan analisa persaingan keyword. Melalui aplikasi TermExplorer kita dapat melakukan beberapa hal. Diantaranya:

  • Mencari keyword massal/ keyword relevan
  • Analisa keyword
  • Analisa Url Konten

Kamu juga bisa mengetahui berapa banyak volume pencarian untuk jenis keyword tertentu dan seberapa berat tingkat persaingannya. Analisa yang dilakukan oleh server mereka, jadi tidak memberatkan jika menggunakan koneksi yang lambat sekalipun. Namun sayangnya, untuk mencicipi tools ini tidaklah gratis.

6. aHrefs

aHrefs

Menurut saya, dibandingkan dengan tools riset kata kunci lainnya ahrefs menampilkan data cukup akurat dan begitu detail. Itulah alasannya saya menyukai tools yang satu ini. Mungkin saja pendapat kita berbeda.

Dengan menggunakan ahrefs, ada bayak hal yang dapat kita lakukan. Diantaranya:

  • Melakukan riset kata kunci short, long tail keyword
  • Menentukan tingkat kesulitan kata kunci
  • Melihat kata kunci kompetitor
  • Menganalisa situs milik kita sendiri atau situs kompetitor
  • Menganalisa tingat perkembangan situs
  • Tracking keyword, laman, backlink dan sebagainya
  • Mencari sumber backlink berkualitas
  • Dan sebagainya

Pada jaman old sebelum negara api menyerang 😀 , saya sering menggunakan tools ini karena terjangkau hanya $3 perbulan yang didapatkan melalui jalur ilegal 😀 . Namun sayangnya setelah peningkatan keamanan oleh pihak ahrefs, untuk menikmati ahrefs kamu harus membayar $99 perbulan untuk 1 user.

7. Semrush

Semrush

Keyword tools premium selanjut adalah SEMrush. Tools ini masih dapat kita nikmati secara gratis, namun fiturnya sangat terbatas. Caranya, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan membuat akun SEMrush baru dan mendapatkan trial selama 7 hari.

Pemilik akun gratis SEMrush akan mendapatkan akses untuk melakukan riset keyword 3 kali pencarian dalam 24 jam. Setelah masa trial habis, akun tidak dapat digunakan dan itu artinya kamu harus membelinya dengan harga $99.95 perbulan. Lumayan murah kan 😀

Apa yang dapat kita lakukan dengan SEMrush: Diantaranya sebagai berikut:

  • Mencari kata kunci
  • SEMrush dilengkapi dengan fitur filterisasi berdasarkan CPC, tingkat kesulitan keyword, volume pencarian dan sebagai
  • Melakukan analisa terhadap situs kita sendiri atau kompetitor
  • Menganalisa perkembangan keyword dan backlink
  • Melihat rank keyword dan perkembangannya di SERP
  • Dan sebagainya

8. Keyword research ninja

Keyword research ninja

Tools yang satu ini buatan anak Indonesia bernama Agus Maulani. Ia seorang Insurance Consultant di salah satu perusahaan di Indonesia dan membangun beberapa model bisnis di internet untuk memberikan income. Salah satunya menciptakan tools riset keyword bernama Keyword research ninja.

Kemudahan yang diberikan oleh tools ini yaitu, kita cukup memasukkan kata kunci dasar kemdian data kata kunci seperti volume penelusuran, CPC, kompetisi keyword dan sebagainya akan muncul.

Bagaimana tertarik menggunakannya ? Hanya dengan 150rebu, kamu dapat menikmati tools ini selamanya. Coba lihat di sini jika kamu tertarik >> Keyword Research Ninja

9. Google trends

Google Trends

Google trends merupakan tools riset kata kunci untuk mencari ide keyword berdasarkan popularitas. Tools ini cocok bagi kamu seorang blogger yang bermain viral atau sejenis keyword musiman.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni memasukkan ide keyword baru dan memfilter bedasarkan lokasi, katagori, riwayat pencarian, trend penelusuran dan sebagainya. Tools ini diberikan google secara gratis. Semua orang dapat mengaksesnya.

Namun, kekurangannya tools ini tidak menampilkan data sedetail tools lainnya. Tidak ada data search volume, CPC dan sebagainya. Hanya mentahan saja, sehingga perlu dioleh kembali menggunakan tools lainnya.

10. Moz keyword explorer

Moz keyword explorer

MOZ merupakan salah satu perusahaan yang dapat kita jadikan rujukan dalam hal menganalisa perkembangan SEO di search engine. Salah satu fitur terbaiknya yakni, kita dapat melakukan analisa dan pengecekan kualitas backlink, domain authority dan page authority.

Selain itu, MOZ juga dilengkapi fitur research yang keren. MOZ research keyword dilengkapi indikator yang menerangkan tingkat kesulitan keyword, search volume dan sebaginya.

Tools keren ini masih dapat kita nikmati secara gratis selama 30 hari pertama akan tetapi dengan keterbatasan fitur. Namun, kamu masih dapat menggunakannya dengan cara clear history dan hidden IP.

Saking banyaknya tools riset keyword yang ada, kamu tak perlu binggung menggunakannya. Sebenarnya masih ada tools riset kata kunci diluar sana seperti  LSIgrapfh, SEO Quake dan lainnya. Jika kamu bingung, pilih saja satu, dua atau diantaranya.

Cukup gunakan 2 atau 3 tools saja. Karena kalau kebanyakan justeru akan membuat kamu pusing sendiri.

Nah, itulah beberapa jenis tools SEO untuk riset kata kunci yang direkomendasikan oleh kebanyakan pakar SEO. Diantara beberapa jenis tools SEO di atas, mana yang lebih kamu suka ?